Cara Merawat AC agar awet

 Bagi kita yang tinggal di kota besar tentu tahu bahwa AC bukan lagi kebutuhan tambahan atau sekunder melainkan  sudah masuk ke kebutuhan utama, seperti listrik dan air.

Jenis AC yang digunakan tentu juga bisa disesuaikan dengan rumah Anda. Tergantung kebutuhan Anda, bisa PK sampai 2 PK. Jangan khawatir, karena AC 1/2 PK tidaklah mahal, namun Anda harus merawat AC secara rutin dan ulet agar awet tanpa sering melakukan perawatan.


Biar AC di rumah tidak cepat rusak, tapi tetap awet dari waktu ke waktu, yuk simak cara perawatan AC yang bisa kamu lakukan.

1. Bersihkan filter AC secara teratur

Jika Anda merasa udara yang keluar dari AC Anda tidak sedingin biasanya, bisa jadi itu pertanda AC rumah Anda kotor. Hal ini biasanya disebabkan oleh filter AC yang kotor. Nah untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membersihkan bagian filter AC.

2. Pemeliharaan AC secara rutin  

Pendingin udara yang dijaga dalam kondisi baik dari waktu ke waktu memerlukan perawatan rutin. Ini tidak bisa hanya menjadi masalah. Untuk perawatan dan perawatan AC ini akan lebih efektif jika dilakukan oleh ahlinya.

Anda tidak hanya dapat menghubungi layanan perbaikan AC untuk memperbaiki masalah filter, tetapi Anda juga dapat melakukan perbaikan dan pembersihan AC. Bahkan jika rumah Anda memiliki AC split, sangat penting untuk membersihkan unit indoor dan outdoor.

Idealnya hubungi jasa perawatan AC ini minimal 3 bulan sekali. Dengan begitu, kebersihan dan performa AC di rumah Anda akan tetap terpantau.

3. Pasang termometer di dalam ruangan

Memasang termometer akan memberi Anda gambaran tentang suhu. Oleh karena itu, Anda akan selalu memantau suhu udara dan suhu ruangan AC.

Jika ada ketidaksesuaian, Anda akan segera mengetahuinya dan mengambil tindakan yang diperlukan. Tentu saja, periksa dulu bagian mana yang bermasalah.

4. Selalu tutup pintu dan berbagai saluran masuk udara dari luar

AC akan bekerja efektif jika tidak ada tambahan udara dari luar yang masuk. Karena jika ada, maka kompresor AC rumah Anda bekerja lebih ekstra. Jadi, AC ini mudah rusak.

Oleh karena itu, saat menyalakan AC, pastikan untuk selalu menutup pintu, jendela, ventilasi, atau berbagai pemasukan udara lainnya dari luar. Jadikan komunikasi berjalan efektif dan tahan lama.

5. Periksa tekanan freon secara berkala

Freon adalah bahan yang digunakan untuk mendinginkan udara. Nah jika udara yang keluar dari AC tidak dingin, ada kemungkinan terjadi kebocoran freon, yang menandakan turunnya tekanan freon.

Tukang AC Banda Aceh

Oleh karena itu, untuk menjaga AC dalam kondisi kerja yang baik, periksa tekanan freon secara teratur. Misalnya setiap 6 bulan sekali. Tentu saja, ini harus dilakukan oleh para ahli. Karena jika terdeteksi kebocoran, tekanan freon akan langsung ditambah.

6. Selalu gunakan fungsi pengatur waktu

Banyak AC saat ini menggunakan fungsi pengatur waktu. Jadi, agar efektif, Anda bisa menggunakan fungsi ini. Misalnya dengan mengatur waktu kerja AC. Dari jam berapa sampai jam berapa.

Selain efektif juga dapat menghemat listrik dan menghindari lupa mematikan AC saat tidak diperlukan.

7. Jangan merokok di ruangan ber-AC

Jangan merokok di ruangan ber-AC. Selain udara yang berbau seperti rokok, asap rokok ini juga bisa memicu kerusakan AC. Ya, asap rokok bisa membuat bagian dalam AC lebih cepat kotor.

Selain body AC indoor juga akan terlihat kotor. Jangan lupa bahwa nikotin dalam asap rokok dapat mengendap di alat penguap. Sehingga udara yang keluar dari AC justru membuat ruangan menjadi teredam dan udara kurang dingin.

8. Gunakan AC dengan bijak

Menurut penelitian, waktu penggunaan AC yang ideal adalah 5 jam. Setelah itu, AC harus dimatikan agar Anda bisa beristirahat. Gunakan sangat hati-hati jika digunakan lebih dari 5 jam. Yaitu memasang fungsi otomatis, fungsi ini bisa membuat AC berhenti sebentar, lalu otomatis menyala.

Itulah berbagai cara merawat AC agar awet dan tidak mudah rusak, dan bisa Anda lakukan di rumah. Namun jika AC rusak, Anda hanya bisa membeli AC baru secara online melalui website Blibli. Ada banyak toko yang menjual AC dengan harga yang bervariasi. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.


Posting Komentar untuk "Cara Merawat AC agar awet"