Mencegah AC Bocor

Indonesia merupakan negara tropis dengan dua musim. Sebagian besar kota di Indonesia memiliki iklim yang hangat, menjadikannya salah satu tujuan wisata yang menarik orang asing. Beberapa teman mungkin merasa udara panas tidak nyaman dan memutuskan untuk memasang AC atau AC di rumahnya. Tahukah Anda bahwa penyebab kebocoran AC adalah salah satu masalah yang sering terjadi? Jika Anda tidak punya waktu, silahkan hubungi technical partner kami Banda Aceh untuk service AC.


Pengoperasian AC yang terus menerus pasti akan membuat air conditioner bocor menjadi hal yang biasa. Tak sedikit juga kebocoran yang terjadi karena alasan lain yang sering dilupakan. Agar Anda mengetahui penyebab AC Anda bocor dan cara mengatasinya, artikel ini akan membahas:

  1. Rusaknya Kompresor AC
  2. Saluran Pembuangan yang Tersumbat
  3. Saluran Kondensasi Tersumbat
  4. Kondensor AC yang Bocor
  5. Pemasangan AC yang Tidak Tepat
  6. Koil Evaporator Membeku
  7. Cara Mengatasi AC Bocor
  8. Cara Mencegah AC Bocor

Memiliki AC adalah salah satu hal yang sangat disukai pemilik rumah. Dengan memasang AC, otomatis Anda bisa menciptakan suasana nyaman di dalam rumah dan tidak lagi merasakan udara pengap. Tidak hanya itu, AC juga bisa membuat rumah terlihat lebih mewah karena AC terlihat seperti pemanis pada dinding rumah Anda.

Baca Juga Tips Merawat AC

Setiap AC memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, ada banyak sekali jenis AC yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi ruangan di rumah Anda. Semakin besar ruangan, semakin banyak pula AC yang dibutuhkan tentunya.

Faktanya, setiap AC dilengkapi dengan margin keselamatan dan spesifikasi massa untuk setiap mesin untuk menghindari kerusakan. Namun, tentu saja ada banyak aspek yang mempengaruhi keadaan dan ketersediaan AC selama pengoperasiannya.

Indonesia merupakan negara dengan kelembaban tinggi. Kelembaban inilah yang dapat menyebabkan masalah dengan elektronik yang ada, karena dapat menyebabkan segudang masalah yang berbeda. Salah satu masalah yang dapat ditimbulkan oleh kelembaban yang tinggi adalah berkembangnya lumut dan kotoran yang menempel dengan cepat.

Meskipun menyenangkan memiliki AC di rumah sendiri, ternyata AC dapat mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah kebocoran. Sebenarnya, apa penyebab AC bocor listrik? Berikut beberapa alasan yang perlu Anda ketahui tentang kebocoran AC:

1. Kompresor AC rusak

Salah satu penyebab utama kebocoran AC adalah kompresor AC yang rusak. Kompresor merupakan jantung dari AC dan berfungsi untuk mengeluarkan Freon dan mengubahnya menjadi udara dingin. Kebocoran tidak bisa dihindari jika kompresor rusak karena akumulasi debu dan kotoran.

2. Saluran pembuangan tersumbat

Setiap AC pasti memiliki saluran pembuangan, yang bertanggung jawab untuk mengalirkan air dari unit AC. Karena selalu terkena kelembapan, tidak sedikit kotoran, jamur lumut bisa tumbuh di saluran air dan menyebabkan penyumbatan. Jika sumbatan semakin besar, saluran akan bocor secara otomatis.

3. Garis kondensasi diblokir

Kondensor adalah tempat udara hangat dan lembab masuk dan meniupnya ke dalam kondensor untuk mendinginkannya. Jika AC berjalan dalam waktu lama dan jarang dibersihkan, pipa kondensat dapat tersumbat sehingga menyebabkan kebocoran.

4. Kebocoran kondensor AC

Setiap AC pasti memiliki kondensor yang terpasang di bagian luar rumah Anda. Tentu saja unit kondensor yang berada di luar lebih sering terkena debu dan kotoran, bahkan kondensor AC dalam jumlah sedikit pun bisa menjadi lembab dan tumbuh lumut. Kondisi ini dapat menyebabkan kebocoran AC.

5. Pemasangan AC yang tidak benar

Pemasangan AC tidak bisa dilakukan sesuka hati dan harus dilakukan oleh tenaga ahli di bidangnya masing-masing. Namun, tidak sedikit juga orang yang ingin mencoba dan memutuskan untuk memasang AC di rumahnya. Proses pemasangan AC yang salah dapat menjadi penyebab kebocoran AC, seperti selang yang tidak terpasang dengan benar.

6. Koil evaporator membeku

Setiap AC juga memiliki evaporator coil yang terletak di dalam unit AC. Jika kumparan melewati proses pembekuan, maka proses pencairan secara otomatis akan berjalan lebih lambat dan menyebabkan munculnya tetesan air. Semakin banyak tetesan air, semakin besar kemungkinan AC bocor.

Tukang Ac di Banda Aceh

Cara Mengatasi AC Bocor

Jika AC rumah Anda bocor, Anda masih bisa mengatasi AC bocor dengan cara:

1. Ganti filter AC yang kotor

Langkah pertama dalam mengatasi kebocoran AC adalah dengan mengganti filter AC yang lama dan kotor. Filter AC yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab utama kebocoran, karena udara tidak mengalir dengan sempurna dan menyebabkan semua komponen AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan. Menjalankan AC yang lebih keras secara otomatis dapat menyebabkan tetesan lain yang tidak diinginkan.

2. Bersihkan selang yang tersumbat

Selang AC yang tersumbat adalah salah satu penyebab kebocoran. Anda bisa mencari selang yang bocor. Selang bisa bocor jika ada banyak kotoran di selang yang akan menumbuhkan lumut dan menyebabkan selang bocor.

Periksa semua selang pada AC dan ganti dengan yang baru jika ada kebocoran. Menambal selang AC yang bocor tidak disarankan karena hanya bisa menjadi solusi jangka pendek yang sia-sia.

3. Perbaiki kompresor AC

Kompresor AC yang tidak bekerja dengan sempurna pasti bisa menyebabkan kebocoran. Pastikan kompresor AC Anda bekerja dengan optimal agar kompresor tidak terlalu banyak menghasilkan air dan menyebabkan unit AC rumah Anda bocor.

Cara Mencegah Kebocoran AC

Kendaraan bermotor memerlukan perawatan yang rutin agar dapat terus berfungsi dengan baik dan terhindar dari masalah di kemudian hari.

Posting Komentar untuk "Mencegah AC Bocor"