Tips merawat AC agar awet dan tidak cepat rusak

 

Sama seperti peralatan lainnya, AC atau pendingin ruangan (AC) membutuhkan perawatan yang tepat. Perawatan AC secara teratur dapat menjaga elektronik ini lebih lama dan lebih dingin.

Jika AC rusak parah, sebaiknya segera hubungi teknisi. Tapi untuk perawatan rutin, kita bisa melakukannya secara mandiri lho. Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini agar AC kamu tetap sejuk dan awet tanpa cepat rusak!



4 tips merawat AC agar awet, tahan lama dan adem

1. Bersihkan filter AC secara teratur

Salah satu penyebab AC tidak dingin adalah filter atau filternya kotor. Jika Anda memiliki hewan peliharaan berbulu di rumah, Anda dapat membersihkan filter AC setidaknya sekali atau dua kali sebulan.

Filter AC yang jarang dibersihkan dapat mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan AC sekaligus memengaruhi konsumsi listrik. Selain itu, kualitas udara yang Anda hirup tidak lagi bersih, sehingga mempengaruhi kenyamanan.

2. Jangan gunakan suhu di bawah 22°C

Saat hendak menyalakan AC, biasanya kita langsung menyetel suhu minimum agar ruangan lebih cepat dingin. Ini sangat salah.

Misalnya, Anda memiliki AC standar dan ingin suhu ruangan di bawah atau 20°C. Menggunakan AC standar (non-penemu) langsung pada suhu ini akan mempersulit kompresor bekerja untuk mencapai suhu itu.

Baca Juga : Mencegah AC Bocor

Juga, ketika AC mencapai suhu itu, ia melepaskan angin. Jika bilah kembali normal, kompresor akan bekerja keras. Menggunakan peralatan AC elektronik seperti itu akan merusak AC dengan cepat dan tidak lama.

3. Cek Freon, bersihkan AC

Freon adalah pendingin pada AC, dan cara menjaga AC tetap dingin adalah dengan memastikan tidak ada kekurangan Freon. Untuk ini, Anda membutuhkan teknisi. Jadwalkan perawatan AC dengan teknisi secara berkala, misalnya setiap 3 bulan sekali.

4. Matikan AC jika tidak digunakan

Cara merawat AC ini terbilang mudah dan mudah untuk diterapkan. Mulailah mematikan AC saat Anda jauh dari rumah dalam waktu lama, dll. saat tidak digunakan. Bukan hanya AC, tapi semua elektronik lainnya. Kegiatan ini penting dilakukan untuk menghemat biaya listrik sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan seperti kebakaran.

 Itulah 4 tips jitu merawat AC di rumah dari Moxa. Jika Anda ingin mengganti AC sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat mengunduh aplikasi Moxa, aplikasi layanan keuangan terintegrasi Astra Financial.

Posting Komentar untuk "Tips merawat AC agar awet dan tidak cepat rusak"